Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup?

Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup? - Mengalami kegagalan disaat startup merupakan kegagalan yang pertama anda alami dalam memulai bisnis. Kenapa ? Karena hal tersebut adalah awal dari bisnis anda yang akan mem-boom suatu hari nanti.

Agar kejadian yang sangat buruk tidak terjadi pada saat startup anda, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Berikut adalah beberapa penyebab anda sudah gagal walau masih di tahap startup.

1. Hanya mampu merekrut, tanpa pandai berkomunikasi

Banyak para Entrepreneur beranggapan bahwa semakin besar tim yang dimiliki, maka startup nya semakin sukses pula dipandang. Tapi faktanya hal tersebut tidak benar adanya. Semakin banyak orang yang anda pimpin dalam sebuah startup, maka semakin besar pula tanggung jawab anda untuk mengetahui setiap anggota tim agar dapat membagi perannya dalam tim tersebut.


Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup?

Oleh karenanya, usahakan jangan terlalu banyak merekrut anggota tim yang berlebihan atau terlalu banyak, apabila anda belum mapan apalagi belum siap. Rekrutlah tenaga kerja yang sudah berpengalaman dan memiliki dedikasi yang baik ke dalam tim anda, dan gunakan juga jasa freelancer profesional untuk melakoni beberapa pekerjaan yang tidak dapat ditangani oleh anggota tim anda.

2. Apa yang perlu dan apa yang tidak perlu dilakukan, anda tidak tahu

Biasanya, kebanyakan para entrepreneur beranggapan bahwa semakin banyak pekerjaan yang telah terselesaikan, maka semakin banyak pula hasil yang akan diraih. Apakah sepenuhnya benar ? menurut saya TIDAK !! Hal tersebut belum bisa dijadikan sebagai tolok ukur dalam perhitungan sebuah bisnis. Semakin banyak pekerjaan yang terselesaikan, bukan jaminan bahwa nanti anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan. MENGAPA ? Karna dalam berbisnis, yang dianjurkan bukan bekerja dengan keras ( working hard ) melainkan bekerja dengan cerdas ( working smart ).


Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup?

Ingat, yang paling penting dalam sebuah perjalanan startup adalah anggota tim / orang-orang yang ada didalamnya, termasuk anda sendiri. Hargai dan sayangi diri dan tim anda dalam memilah pekerjaan dan mengerjakan pekerjaan sesuai dengan skills dan prioritasnya.

3. Terus-menerus berargumen, tapi sangat sulit untuk belajar

Walaupun anda adalah founder dari sebuah startup, bukan berarti anda harus mengetahui segalanya. Anda juga harus mempelajari hal-hal baru agar bisa mengerti berbagai macam permasalahan dan bisa mencari jalan keluar serta solusi bersama para rekan kerja atau tim anda. 


Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup?

Jangan hanya memperbanyak argumen, karna dengar memperbanyak mendengar anda akan  memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk belajar. Dengan begitu anda akan mengetahui lebih banyak hal-hal baru dan bisa mengambil keputusan terbaik bahkan jauh lebih baik.

4. Melupakan diri sendiri


Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup?

Banyaknya pekerjaan untuk memajukan sebuah startup memang tidak dapat dipungkiri. Tapi sebagai seorang founder, anda harus dapat memberikan contoh yang baik kepada anggota tim anda. Mengetahui bagaimana cara untuk memanejemeni waktu dengan sebaik mungkin, sehingga anda mempunyai waktu untuk sedikit beristirahat dalam rangka melepas stress untuk menghindari berbagai penyakit dan meningkatkan serta mengembangkan keproduktivitas anda.


Sebagai seorang Pendiri startup, anda harus tahu dan menguasai apa yang sedang anda kerjakan saat ini. Kembali fokus dan lupakan sejenak ke-egoan anda.


Pengalaman dan kegagalan merupakan sebuah pelajaran yang sangat berharga. Anda harus berada pada posisi tertentu agar bisa merasakan sulitnya berada di sana. Bagi pemula, hal pertama dan terbaik yang harus dilakukan adalah belajar dari pengalaman orang yang sukses terdahulu.


Banyak cara dan alternatif yang bisa dilakukan untuk belajar dari pengalaman orang lain yang telah sukses, anda bisa search di internet, membaca artikel, televisi dan lain-lain.

Atau anda juga bisa mendownlad sebuah ebook gratis karya Bapak Yodhia Antariksa, MSc in HR Management ( strategimanajemen.net ), dimana blog tersebut telah dinobatkan sebagai Blog Bisnis Terbaik No.1 se-Indonesia dalam acara Pesta Blogger Indonesia tahun 2010 lalu.

Admin sendiri setiap harinya selalu berkunjung ke blog tersebut, karena selalu menyajikan artikel-artikel yang inspiratif, motivatif, mudah dicerna dan sangat maknyus.
Bagikan :  

141 comments:

  1. Yang paling sulit dalam berwirausaha justru startupnya ya... Kalau udah gede lebih mudah ngaturnya karena sudah banyak belajar. Thx gan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, tapi startup tersebut harus dibumbui dengan unsur pengetahuan yang besar juga, jangan sampai nantinya malah gagal di tengah perjalanan.

      sama-sama mas..

      Delete
    2. kasih kopi atuh Mas... gak ada kopinya klo kesini :D

      Delete
    3. saya baru bilang amiin mas
      blom kena bayar kan?

      Delete
    4. baik startupnya ataupun udah gede sepertinya ada tantangan unik tersendiri ya kang. kalo udah gede jgn sombong. :D

      Delete
  2. makasi gan artikel bermanfaat dan sangat membantu,,,

    ReplyDelete
  3. wah, ternyata banyak juga yah penyebab sudah gagal walau masih di tahap startup ya Mas. Terkadang Niat yang hanya setengah-setengah dan ingin menghasilkan sesuatu secara Instan juga menjadi salah satu tanda kegagalan dalam Start up suatu pekerjaan atau bisnis. Saya juga mau ikutan lihat ah ebook gratis karya Bapak Yodhia Antariksa, MSc in HR Management, sekalin ikut belajar .. :) terima kasih ya Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah komen ini sudah dibalas tp sayangnya salah kamar tuh.
      patut disetrap

      Delete
    2. Adminnya kayaknya belum ngopi Kang, jadi salah kolom bales nya :D

      Delete
  4. Betul mas, keinginan yang besar juga butuh pengorbanan yang besar, bukan hanya banyak bicara tanpa mau berusaha.

    silahkan di download mas, gratis lagi. pokoknya maknyus deh, keren abis tulisannya dan mudah sekali dipahami.
    saya aja hampir sebesai baca ke 5 panduan mantap dari blog Strategi Manajemen tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya aja udah blog bisnis terbaik seindonesia sih mas.

      Delete
    2. ia mas, saya juga setuju bahwa itu blog bisnis terbaik

      Delete
    3. Blog Strategi plus Manajemen dalam berbisnis, mantab pokoknya

      Delete
    4. nah yang ini musti mbayar lagi nih :D

      Delete
  5. banyak cara dan alternatif yang bisa dilakukan untuk belajar dari pengalaman orang lain yang telah sukses yamas, termasuk membaca artikel mas, makasih mas sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih artikel ini inspiratif banget

      Delete
    2. oke terima kasih semua, nih saya yang bayar

      Delete
    3. Alhamdulillah mau dibayar sama Mas Wiky

      Delete
    4. Saya juga berterimakasih dengan blog ini,, saya belajar ngeblog banyak di ajarin sama Adminnya

      Delete
    5. wah keren nih adminnya udah punya murid

      Delete
    6. saya juga mau daftar jadi muridnya ah.... kali aja boleh

      Delete
    7. kalau gratis saya mau daftar juga ah jadi muritnya :D

      Delete
    8. boleh...bawa kopi ya...nanti pasti diajarin sama adminnya...sini saya catat dulu datanya mas.

      Delete
    9. silahkan disensus dulu sembari berbaris dengan rapi..

      Delete
  6. tidak mengetahui Apa yang perlu dan apa yang tidak perlu dilakukan nih yg juga membuat saya pernah gagal mas.
    semoga tidak terulang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mas, semoga selalu lancar kedepannya.

      Delete
    2. Aamiin, yg penting tetap berusaha dan jgn lupa berdo'a Kang.. :) semoga sukses kedepannya

      Delete
    3. saya yakin kegagalan itu akan berulang mas...yang penting anda bisa bisa mengetahui ciri dari kegagalan dan bisa mengantisifasinya. jadi jangan takut dengan kegagalan yang terulang, karena setiap kegagalan akan mengajarkan suatu hal yang berbeda untuk membentuk keberhasilan anda selanjutnya.

      Delete
    4. siip, motivasi banget Mbah Dinan.

      Delete
    5. nah..nah... saya nggak ikutan klo masalah ini mah, minta Mas Wiki aja kang :D

      Delete
  7. Ini yang namanya motivasi dan pencerahan dari orang sukses
    Makasih infonya bang

    ReplyDelete
  8. ya kegagalan seperti yang mas katakan memang pernah menimpa saya mas memang bener kita harus meninggalkan ego kita terjatuh memang hal yang sangat di perlukan agar bisa terus memotivasi kita untuk terus meju dan tidak gampang menyerah ..kadang saya juga belajar sendiri melalui internet , ikut-ikut seminar dan belajar bersama teman di kampus untuk mendapatkan wawasan yang baru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kita sama tuh mas, saya juga sering ikutan seminar tentang bisnis industri dan SDM di kampus.
      makasih mas.

      Delete
  9. gagal karena ga konsisten dan mudah menyerah

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Founder itu Penemu, pencetus atau pencipta

      Delete
    2. seperti hakikatbisnis ini foundernya fans barcelona

      Delete
    3. emang wongcungkup siapa penemunya coba ?

      Delete
    4. Itu definisi nya to, kopi 1 mas yanto..

      Delete
  11. kadang orang kebanyakan teori dan menduga-duga, tapi tidak pernah menjalankan dan belajar dari hal tersebut. makanya gak maju-maju dan tidak juga mendapat suatu hal yang baru yang dapat membawa perubahan pada bisnis yang dijalankan....sementara ada pebisnis biasa yang selalu berusaha dan mau belajar dari suatu hal kecil...mungkin akan lebih baik ketimbang yang selalu berargumen dan hanya berdiam diri saja ya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas, jangan hanya seperti tong kosong nyaring bunyinya kan mas. banyak sekai motivasi2 yang bisa kita dapatkan dari orang2 sukses yang awal berbisnis nya selalu mengetahui ha-hal kecil terlebih dahuu tanpa banyak bicara lontang-lanting kesana kemari.

      Delete
    2. sedikit bicara banyak kerja yamas

      Delete
  12. Bisnis bukanlah sekedar teori yang terpenting action dilapangan dan itu lebih baik dari pada terus berkutat pada perencanaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, sedikit bicara tapi banyakin kerja..

      Delete
    2. kan udah saya bilang diatas tuh.
      nyontek nih pasti nyontek komen saya :D

      Delete
    3. biarin, biar nanti di banned gugel

      Delete
  13. Butuh kemampuan dalam emmbangun startup agar bisa berhasil, salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mbak.
      saam kenal kembali.

      Delete
    2. saam itu panggilan akrab buat mas didaerah saya loh

      Delete
    3. pelintat pelintut deh ih, gak konsisten pisan :D

      Delete
  14. pertamax aja deh... blog nya keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya heran kalo kerennya dari mana coba ?

      Delete
    2. mungkin adminnya tuh yg dimaksud keren

      Delete
  15. untuk membangun sebuah bisnis harus butuh kerjanya bukan hanya sekedar teori.dan kerjanya pun seperti yang mas tegaskan diatas bekerja dengan cerdas tapi menurut saya kerja keras juga di perlukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas, betul. Tapi kerja cerdas jauh lebih dibutuhkan. karena jika dilihat dari zaman seperti sekarang ini, teknologi yang serba canggih menuntut kita untuk lebih memiliki banyak ide kreatif dalam menunjang dan mengembangkan bisnis kita.

      Delete
  16. Belajar dari pengalaman memang sangat penting, baik itu pengalaman yang berupa "keberhasilan atau kegagalan" yang telah dialami pendahulu, begitu pula pengalaman yang mungkin pernah dialami sendiri sebelumnya.
    Salam hangat dengan secangkir kopi hangat, sambil sahur nih :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, pengalaman memang guru besar dalam sebuah perjalanan ya mas..
      salam hangat kembali mas.. :)

      Delete
  17. Utuk memulai usaha dibutuhkan subuah "Action" bukan hanya teori dan tujuan saja!

    ReplyDelete
  18. Assalaamu'alaikum wr.wb.... Bukan mudah untuk berjaya dalam bidang bisnis ya jika tidak ada kemahiran dalam fasih bicara dan tarikan yang membuat sesiapa ingin membeli produk kita.Hanya mereka yang kuat semangat dan tabah mampu berdiri kukuh di bidang seperti ini. Salam kenal dari Sarikei, Sarawak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa`alaikum salam wr.wb.
      ya, kemahiran dalam berbicara memang dibutuhkan dalam menunjang bisnis nya.

      salam kenal kembali..

      Delete
  19. kebanyakan gagal di langkah awal karena tidak mempunyai perencanaan yang matang dan tujuan yang pasti...makanya sering bingung mau menentukan langkah selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah betul mbah, diawal aja dah kalah, gimana selanjutnya coba ?

      Delete
  20. zaman skrang buat startup susah, soalnya semuanya udah ada . sekalipun mau bikin kita harus bisa modifikasi agar terlihat lebih fresh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, tapi nggak ada salahnya buat usaha dulu..

      Delete
  21. sangat menginspiratif sekali mas, komunikasi itu penting bagi setiap pekerjaan. nice artikelnya

    ReplyDelete
  22. saya suka yang point ke satu sama kedua, soalnya pernah di alami sendiri, ternyata banyak team tidak menjamin hasil yang di dapat lebih banyak, malahan sebaliknya kalo kita tidak bisa mengawasi mengkoordinir hasil kerja team, ya bakal hancur,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas, bisa jadi mereka akan jadi biang kerok nya. oleh karena itu jangan lengah dalam memilih partner.

      Delete
  23. untuk menjadi seorang bussines man kita harus tekun dan berani rugi. masalah gagal itu biasa , dicoba tak mengapa gagal jadi pengalaman.

    ReplyDelete
  24. tips yang sangat bermanfaat mas terimakasih :)

    ReplyDelete
  25. Menurut bang ippho santoso, banyaklah bekerja dengan otak kanan, right? otak kiri itu cuma pinter rencana n teori ... trimakasih udh share ebook gratisannya, tipsnya juga bagus dan yang komen juga lucu2, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, silahkan di download,
      kalo masalah komennya emang dah error2.. hehehe

      Delete
  26. wah saya harus komen apa lagi coba semuanya sudah terwakilkan sama sobat-sobat di atas, masa iya saya cuma bilang nice inpoh doangan sih? saya setuju dengan komentar Mbah Dinan, teori saja tidak cukup dan yang pasti harus segera action, meskipun dalam pernajalanannya besar kemungkinan akan bertemu dengan yang namanya kegagalan tapi justru dari kegagalan inilah kita bisa belajar untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

    ReplyDelete
  27. Kenapa ya saya seperti pada poin 2.

    ReplyDelete
  28. Gagal bisa mencoba lagi asalkan jangan patah semangat untuk berbisnis dan perlu juga belajar dari yang sudah berpengalaman dalam menjalankan bisnis :)

    ReplyDelete
  29. kang kalo bekerja cerdas itu seperti apa sih kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya sih mas, bekerja cerdas itu dimana sistem kerja nya bisa memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi di dalam bisnis nya, bukan hanya pontang-panting kesana kemari tanpa tau cara mengatasi suatu masalah jika ada yang menghampiri..

      Delete
    2. contoh kasus kaya apa kang. kasih contoh ya gratiss. :)

      Delete
    3. contoh kalo di daerah tempat tinggal saya adalah Bapak Basrizal Koto yang awalnya sangat miskin, beralih menjadi orang paling kaya di SumBar.

      Menurut bukunya yang saya baca, dia juga menganjurkan untuk bekerja dengan cara yang cerdas. Contohnya yang telah ia lakukan adalah mendirikan Basko Grand Mall yang dulu mendapat cibiran dari pribumi kota padang, tapi sekarang, menjadi kebanggaan besar.
      berarti dia telah sedikit memprediksi apa yang akan dibutuhkan orang banyak suatu saat nanti.

      Terima kasih mas..

      Delete
  30. kegagalan awal dari kesuksesan :)
    maka kalau gagal bangkit lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah bangkit terusss....
      masa harus gagal lagi

      Delete
  31. Motivasinya mantap bro... jadi lebih hidup!!! Sukses to you

    ReplyDelete
  32. Sip!!! terimakasih atas dorongan semangatnya.

    ReplyDelete

►Silahkan perluas artikel diatas ke teman-teman anda,
►Disini anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, keluhan maupun pujian terhadap artikel diatas,
►Diperbolehkan meng-copy artikel ini sampai batas kewajaran, dengan Ketentuan mencantumkan sumber referensi dari blog Hakikat Bisnis.

Terima kasih
Ttd; Admin Blog

☺ Silahkan Berkomentar ☺