Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula - Kata orang, sebuah kesalahan adalah awal dari suatu langkah yang penting dalam sebuah proses yang akhirnya mengarah pada kesuksesan, begitu juga dalam berbisnis. Meskipun demikian, banyak juga yang menganggap kalau sebuah kesalahan itu tidak semuanya membuat kita jadi produktif. Saat memulai bisnis baru, banyak sekali pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan terlebih dahulu, mulai dari menguji produk, tapi gagal, lalu mengujinya lagi dan akhirnya melakukan pengembangan.

Faktanya, tidak semua bentuk dari suatu kesalahan itu merupakan langkah yang bagus diawal karir kita. Berikut ini, saya sajian beberapa kesalahan yang bisa disebut fatal yang sering dilakukan pebisnis pemula.

1. Berinvestasi tanpa belajar dulu

Jika anda menganggap kalau ide anda itu akan menguntungkan, tapi tidak disertai validasi, bukan tidak mungkin hal ini akan membawa bisnis anda gagal total diawal karir. Lebih baik tuangkanlah sedikit waktu untuk mengujinya, sebelum anda langsung melakukan investasi anda untuk mewujudkan gagasan dan ide bisnis tersebut.

INGAT !! Berinvestasi tanpa belajar terlebih dahulu merupakan kesalahan terbesar yang dilakukan banyak pengusaha baru.

2. Terlalu lama masuk ke pasar

Konsultasi memang harus dilakukan diawal. Tetapi, tidak sedikit juga gagasan bisnis yang langsung ambruk karena terlalu berlama-lama direalisasikan. Dalam mewujudkan sebuah gagasan bisnis haruslah dilakukan secara strategis.

Jangan menghabiskan waktu yang terlalu banyak untuk mewujudkan gagasan dan fitur-fitur bisnis anda. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah fokus dan segera kembangkan produk yang anda yakini tersebut, amati dan analisa, bagaimana pasar dan para konsumen memberi respon-nya

3. 'Banting Stir' bikin bingung

Lewat berbagai upaya validasi gagasan yang dilakukan dengan cepat, bukan tidak mungkin jika anda akan menerima suatu kondisi yang tidak terduga. Daripada mengabaikan segala hal yang sudah dipelajari, lebih baik sesuaikan model dan gaya bisnis anda untuk mencegah yang namanya kegagalan. Banyak juga para pengusaha yang sukses karena mengubah rute bisnisnya.

4. Kebanyakan menerima masukan bisnis

Sebuah masukan yang cerdas, bisa membuat bisnis anda berhasil dan juga membuat bisnis anda jadi gagal. Mengabaikanya bisa membuat anda kehilangan peluang untuk sukses. Sebaliknya, terlalu banyak masukan juga bisa berbahaya. Perbanyak hubungan dengan para entrepreneur yang sudah berpengalaman dan telah sukses dalam membangun dan menjual bisnisnya di industri yang sesuai dengan kategori anda.

 5. Pemasaran bukanlah hal yang terpenting

Banyak pengusaha berpikir kalau gagasan bisnisnya akan berkembang secara sendirinya. Pasalnya, berupaya memperkuat pemasaran online merupakan salah satu hal yang harus dilakukan sebuah perusahaan. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah dengan mengoptimalkan mesin pencarian ( Search Enginee ) agar produk anda bisa lebih dikenal dan ditemukan oleh masyarakat luas.

6. Memprioritaskan konsumen itu sangat perlu

Jika tidak sesuai dengan keinginan konsumen, produk dan konsep pemasaran yang luar biasa bisa saja menjadi tak berguna. Jika konsumen tidak membelinya, berarti perusahaan tersebut tidak akan mendapat laba. Lebih baik menggali apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen sebelum meluncurkan produk ke pasar. Setelah meresmikan produk, komunikasi dengan konsumen juga harus selalu terjaga.

7. Keputusan pencarian dana yang salah

Uang adalah hal penting dalam membuka usaha. Tanpa uang, usaha tidak akan pernah berdiri. Namun poin nya adalah, seberapa banyak yang anda butuhkan dan darimana itu berasal. Pengelolaan dana yang akurat sangat dibutuhkan untuk menentukan strategi pendanaan yang tepat. Alhasil, anda bisa memutuskan mana yang tepat untuk bisnis anda, dan mana yang tidak.

8. Jaringan bisnis yang minim

Terkadang, suatu kesuksesan yang diraih bisa didapatkan dari orang yang kita kenal. Jika anda minim dalam berbicara dengan para konsumen dan pakar atau ahli industri, tentu saja hal tersebut akan membuat anda kehilangan berbagai ilmu, informasi dan peluang usaha.

9. Pekerjakan orang yang tepat

Kalau hanya bermodalkan sebuah gagasan, se-brilian apapun dia, belum menjamin untuk bisa menghantarkan kita pada kesuksesan berbisnis. Namun, orang yang anda pekerjakan dengan segudang gagasannya akan bisa membuat anda jadi sukses.

Maka, sangat dianjurkan untuk mempekerjakan orang-orang yang dapat bekerja dengan cepat dan peduli dengan perusahaan. Bisa dipercaya dan ahli dalam bidang yang ia tekuni.

Bagikan :  

28 comments:

  1. Tips bisnisnya mantap mas, makasih sudah share

    ReplyDelete
  2. kurangnya ilmu bisa bikin fatal

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau sehari cuma dapat 1 ilmu, bisa-bisa besok langsung gulung tikar, hehe..!!

      Delete
    2. betul sekali, diawal-awal permulaan bisnis, apalagi seandainya kita baru terjun ke dunia yang satu ini,
      penunjangan ilmu dan wawasan sangatlah diperlukan, karena dalam berbisnis, hakikat ilmu itu sifatnya terstruktur,
      yaitu, satu ilmu ke ilmu yang lebih dalam lagi, sembari mengembangkan bisnis.

      Delete
  3. semua poinnya mengena sekali mas, aku juga banting stir, tapi gagal hehe.. trims ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik jangan berhenti sampai disitu,
      selalu berusaha, dan kembangkan alternatif lain yang juga kita kuasai.

      Delete
  4. Menekuni bisnis tanpa mengenal seluk bisnis itu sendiri memang beresiko walaupun didukung modal yang cukup sehingga investasinya tidak menghasilkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mungkin hasilnya akan nihil saja, ilmu bisnis juga bisa digolongkan sebagai ilmu kongrit yang wajib dipelajari,
      sangat jarang sekali pebisbis yang sukses tanpa mengetahui seluk-beluknya, baik dari diri sendiri, maupun didapat dari orang lain.

      Delete
  5. yg susah dalam membangun jaringan bisnisnya ya, kalau sudah punya jaringan serta client banyak, pastinya enak banget hehehe,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, berdirinya jaringan yang besar dalam bisnis, adalah hal yang sangat penting, tetapi juga sulit dalam membangunnya tersebut.

      Delete
  6. 8. jaringan bisnis yang minim,

    hal ini yang menarik, soalnya bagaimana mendapatkan jaringan yang besar kalau kita baru memulai sebuah bisinis, karena bukan seperti menawarkan sebuah produk kepada orang dan ke orang lagi, bisnis kudu memiliki bakat kearah sana, komunikasi harus kuat, dan bisinis tidak bisa dijalankan secara individu ataupun perorangan.

    dan hal inilah yang sulit, karena susah menemukan orang yang sependapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam memulai bisnis, itulah gunanya kita belajar kepada para ahlinya,
      bagaimana cara menjaring client dalam jumlah besar, komunikasi yang terarah, dan pengembangan yang sesuai dengan strategi.
      hal tersebut memang susah, apalagi bagi pemula.

      menemukan orang yang sependapat dalam hal berbisnis memang susah, tapi menjadi pribadi yang mau mendengar dan menerima nasihat dari pebisnis yang sukses sebelumnya, bisa menjadi acuan yang baik dari permulaan.

      Delete
    2. loh itu poin ke-4 salah satu kesalahan yang fatal, menjadi seorang pendengar yang baik. kalau hanya mendengar saja ntar gagal, kapan memulai, hehe..!!

      mungkin bakat kali ya mas, kalau tidak ada bakat kearah sana, apapun pasti gagal atau lambat berkembang, memang semua tidak ada yang tidak mungkin, tetapi kan kalau semua orang berdagang lalu siapa yang akan jadi pembeli. tepatnya seperti itu kali ya.

      Delete
    3. nah loh di sekak sama devy ,,,heheh
      tpi bukat juga bkat sih ,,, setiap org bisa berbisnis apapun itu bntuknya ... klo perkara mendengarkan itu boleh2 saja, asal tetap kita saring dan segera action bukan hanya mendengar dan mendengar saja, mendengar yg dimksud disni mngkin sebagai penyemangat dan pendongkrak semangat yg suka redup2 gtu ,,,hehe

      Delete
    4. dikutip dari businessinsider.com, menerima banyak masukan dari orang-orang, akan membuat kita merasa akan melakukan semua yang kita dapat di awal berbisnis, yang akhirnya semuanya akan simpang siur.
      jauh lebih baik menerima masukan dari satu orang saja, yang pastinya sudah dulu terjun dan sukses dalam dunia bisnis.
      menerima banyak masukan, misalnya dari orang banyak atau media di internet, pastinya akan meraih informasi yang beranekaragam dan berbeda-beda.

      betul juga mas, tapi banyak juga businessman yang sukses tanpa didahului dengan bakat yang menunjang, yang terpenting tetap belajar, menggali ilmu dan disertai dengan niat dan tekat yang kuat.

      Delete
    5. itu dia poin nya mas Flu, yang namanya pebisnis pemula, akan sangat sulit dalam memfilter informasi yang diterimanya,
      misalnya saja dalam menerima banyak informasi, bukan tidak mungkin kita akan berusaha meniru orang yang memberi informasi tersebut, untuk mengusahakan diri kita bisa seperti dia, dalam arti kata kita tidak begitu yakin terhadap diri kita sendiri.

      menurut saya, lebih baik pilih para penasehat bisnis yang khusus bergerak di bidang kita, bukan di semua bidang usaha..

      Delete
  7. menambah wawasan saya tentang bisnis nih mas.
    jadi nantinya saya tidak mengalami kesalahan fatal yg disebutkan diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas,
      Silahkan memulai dan semoga sukses !!

      Delete
  8. memang menuntut ilmu itu wajib MAs mulai dari lahir sampai liang lahat

    ReplyDelete
  9. i see sob!!, kunjungan perdana untuk sementara ikut menyimak dulu!, masukan yang keren nih sob & salam kenal (:

    ReplyDelete
  10. Saya rasa sangatlah penting bagi pebisnis terlebih lagi pemula membaca dan mengaplikasikan beberapa hal yang sudah Mas jelaskan, agar nantinya jika memulai bisnis besar kemungkinannya bisa sukses. Terima kasih infonya, nice article!

    ReplyDelete
  11. FBS – Dapatkan Bonus Deposit Sekarang Juga, bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex http://fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di http://fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui

    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    ReplyDelete
  12. FBS – Dapatkan Bonus Deposit Sekarang Juga, bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex http://fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di http://fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui

    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    ReplyDelete
  13. kebanyakan menerima masukan, ujung"nya bisnis malah gk jalan... hehe

    ReplyDelete

►Silahkan perluas artikel diatas ke teman-teman anda,
►Disini anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, keluhan maupun pujian terhadap artikel diatas,
►Diperbolehkan meng-copy artikel ini sampai batas kewajaran, dengan Ketentuan mencantumkan sumber referensi dari blog Hakikat Bisnis.

Terima kasih
Ttd; Admin Blog

☺ Silahkan Berkomentar ☺