Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran


Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran - Kali ini saya akan membahas beberapa Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran, dimana sebelumnya saya telah membahas masalah Marketing Plan juga, yaitu Tahap-tahap mendasar dalam Perencanaan Pemasaran.

Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran

Berikut ini adalah Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran, meliputi :

1. Melakukan analisis situasi

Analisis yang dilakukan dalam tahap ini adalah analisis SWOT ( Streghts, Weaknesses, Opportunities dan Threats ). Analisis ini mencakup peluang dan masalah yang ditimbulkan oleh trend an situasi pembeli, pesaing, biaya dan regulasi. Selain itu, termasuk pula di dalammnya adalah kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.

2. Menetapkan tujuan / sasaran

Tujuan dirumuskan secara spesifilk dan mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada waktu tertentu di masa datang, dengan mempertimbangkan realitas masalah dan peluang lingkungan serta kekuatan dan kelemahan perusahaan.

3. Menyusun strategi dan program kerja

Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, pengambil keputusan kemudian merancang strategi ( tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan ) dan program ( tindakan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan strategi ).

Hasil dari perencanaan pemasaran yang berfokus pada konsumen dapat menghasilkan sebuah keunggulan bersaing melalui :


  • Harga yang lebih rendah di bandingkan dengan para pesaing untuk manfaat yang sama.
  • Keunikan manfaat yang dapat menutupi harga tinggi. Analisis keunggulan bersaing menunjukkan perbedaan dan keunikannya di antara para pesaing. Bagi perusahaan yang ingin menikmati keunggulan bersaing di pasar, antara produknya, dan produk pesaing harus dapat di rasakan di pasaran. Keunggulan bersaing diperoleh dengan mencari aspek-aspek diferensiasi yang akan di nilai superior oleh konsumen sasaran dan yang tidak mudah diduplikasikan oleh pesaingnya. 
Sumber : Tumanggor, ST, MT
( Dosen Penghantar Manajemen Industri di kampus saya )
Bagikan :  

21 comments:

  1. Saya si kurang mengerti, tapi kalo masalah harga, apa iya kalau harga bahan baku produksi yang relatif tinggi akan membuat perusahaan tertentu bersaing di pasar dengan harga yang relative lebih rendah dibanding pesaingnya? kenapa tidak dengan harga yang sama namun dengan kualitas product yang lebih baik? kalaupun memaksakan dengan harga yang lebih rendah kan belum tentu kualitas product yang dipasarkan berkualitas. Dan yang terakhir ni Mas, dalam perencanaan pemasaran, pastinya perusahan juga merencakan perolehan profit perusahaan, apa mereka juga mempertimbangkan keuntungan/kerugian pihak yang akan menjadi objek pemasaran?? hehe maap ye kepanjangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya sih, itu sebatas mempromosikan produk terlebih dahulu dengan kesan harga produk yang bersahabat dimata pasar dan konsumen. Strategi ini memang sering kita liat mas, sering sekali perusahaan menerapkannya untuk menarik minat konsumen,.
      setelah berkembang dan baik di pandangan konsumen, barulah mereka menerapkan harga yang pantas dengan keunggulan produk yang tinggi dan bersaing.

      Delete
    2. seperti itu rupanya, makasih Sob sudah bersedia menjelaskan.

      Delete
    3. Setuju tuh dengan pendapatnya mas Wiki..

      Delete
  2. saya juga pernah mendapatkan materi ini kang. Namun sayang saya belum bisa mempraktekannya. baru sebatas mendengarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Materi seperti ini memang mudah didapat mas, di maya juga banyak..

      Delete
    2. Materi ini saya dapatkan saat duduk di banku sekolah kelas 10,, Prakarya dan Kewirausahaan..

      Delete
  3. Caranya hampir sama kaya mau bikin artikel diblog yah :D
    btw kolom komentar pas buka di HP ga mau muncul" bisa di perbaiki ga? biar lebih enak pas BW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sarannya mas, Alhamdulillah dah bisa.

      Delete
  4. kadang perencanaan dan langkah dalam pemasaran bisa saja berubah ya gan,..itu juga melihat permintaan pasar dan jenis dari jasa atau barang. saya masih belum faham mengenai strategi, kadang hanya menerapkan menurut saya sesuai dengan keadaan pasar. jadi gimana bagusnya gan? mohon pencerahan. terima kasih sebelumnya dan salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling bagus menurut saya yaitu, menerapkan strategi melalui penyesuaian terhadap permintaan pasar dan konsumen, adalah langkah yang baik. Tapi akan lebih baik lagi Jika penyesuaian tersebut dibarengi dengan barang dan jasa yang berkualitas tinggi juga.
      Jadi, kedua poin tersebut saling berhubungan ..

      Delete
  5. saya izin menyimak dan membaca dulu deh mas :)

    ReplyDelete
  6. 3 langkah pokok pemasran ini, harus wajib dipraktekkan bagi mereka yang bekerja sebagai marketting ya mas, agar target pemasrannya setidaknya bisa tercapai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, yang terpenting adalah sesegera mungkin untuk mencapai planning yang telah ditetapkan.

      Delete
  7. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya akan sangat bermanfaat bagi para pembaca semuanya mas

      Delete
  8. inspiratif sekali mas idenya untuk membangun sebuah bisnis maupun memasarkan suatu produk, saya bookmark dulu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, itu dari dosen saya. Terima kasih.

      Delete

►Silahkan perluas artikel diatas ke teman-teman anda,
►Disini anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, keluhan maupun pujian terhadap artikel diatas,
►Diperbolehkan meng-copy artikel ini sampai batas kewajaran, dengan Ketentuan mencantumkan sumber referensi dari blog Hakikat Bisnis.

Terima kasih
Ttd; Admin Blog

☺ Silahkan Berkomentar ☺