3 momen bisnis paling marak di tanah air sepanjang tahun 2015

3 momen bisnis paling marak di tanah air sepanjang tahun 2015 - Tahun 2015 di kalender Masehi telah sampai di penghujung hari. Tentunya banyak kenangan yang tercipta, dari segi bisnis, ekonomi, politik, kriminal, hukum, musibah dan lain-lain, terutama di negeri kita yang sangat dicintai ini.

3 momen bisnis paling marak di tanah air sepanjang tahun 2015

Dalam dunia bisnis, setidaknya ada 3 momen bisnis yang diakui paling epik dan marak sepanjang perjalanan tahun 2015 di tanah air. 3 peristiwa ini benar-benar layak untuk kita kenang. Daripada penasaran, mari sama-sama kita simak apa saja momen tersebut.

Oke, Langsung saja! 3 momen bisnis paling marak sepanjang tahun 2015


1. Demam Batu AKIK di permulaan tahun 2015

Ini merupakan peristiwa gempar pertama yang terjadi di awal-awal tahun 2015. Sebagian dari kita begitu mudah untuk jatuh dalam lobang irasionalitas saat memburu dunia materi. Mulai dari bayi yang baru lahir hingga manusia lanjut usia, tidak pernah luput dari peran batu akik ini ditangannya.

Suatu hari di bulan Februari 2015, saya pernah membaca berita yang katanya, perusahaan kehilangan 60% pegawai lantaran alih profesi jadi pebisnis batu akik. Mencengangkan!

Dalam ilmu Financial Psychology, fenomena ini disebut sebagai "Irrational Exuberance" yaitu perilaku berkelebihan untuk mengoleksi sebuah objek tertentu. Misalnya seperti gadget, saham, mobil mewah, rumah besar hingga batu akik. Saat hal ini menimpa diri, maka elemen-elemen rasionalitas perlahan seperti terlupakan.

2. Jatuhnya Rupiah hingga menembus angka Rp. 14.700/US $1 di bulan September 2015

Tahukah anda, angka ini merupakan angka tertinggi sekaligus menjadi nilai Rupiah terendah sejak krisis moneter 17 tahun yang lalu. Peristiwa ini benar-benar memberikan dampak yang signifikan bagi entrepreneur tanah air. Biaya bahan baku yang mayoritas masih impor menjadi tak terbendung lambungannya.

Menurut penelitian, ada 2 faktor penyebab down-nya Rupiah. Yang pertama yaitu pertumbuhan ekonomi China yang naik-turun dan rencana kenaikan suku bunga di Negeri Paman Sam. Jatuhnya ekonomi China begitu berdampak pada Indoinesia. Pasalnya, Negara kita masih bisa dibilang bergantung banyak pada China.

Sementara, rencana kenaikan suku bunga Dollar akan membuat investor global memilih mata uang Dollar daripada mata uang yang lain, termasuk Rupiah.

3. Deklarasi layanan 4G LTE secara Nasional di bulan Desember 2015

Deklarasi secara Nasional ini baru berlangsung awal Desember kemarin. Saat semua operator Telco (Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dll) sepakat menggelar layanan 4G secara nasional dan serentak. Saat ini rata-rata kecepatan internet di Indonesia sudah mencapai 2 Mbps, namun kecepatan rata-rata internet di Malaysia sudah tembus 10 Mbps, bahkan di Singapura sudah mencapai 60 Mbps.

Memang di daerah segitiga emas Jakarta, kecapatan layanan 4G XL sudah bisa tembus 50 Mbps dan Telkomsel sudah mencapai angka 30-an Mbps (kecepatan jaringan 4G XL memang paling kencang diantara operator lainnya).

Itulah 3 momen bisnis paling marak sepanjang tahun 2015. Sebenarnya masih banyak kenangan yang besar sepanjang tahun 2015. Namun saya hanya memilih 3 teratas dan yang berdampak besar saja, yaitu Demam batu akik, jatuhnya nilai rupiah dan deklarasi nasional 4G LTE.
Bagikan :  

47 comments:

  1. demam akik tuh yg paling merajalela dan hampir disetiap daerah terkena imbasnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sekarang udah mulai tenggelam yah, beberapa temen saya dah pada gulung tikar malah

      Delete
    2. Karena fenomena kolektif batu akik itu hampir sama kayak durian, ada musim nya.. hehe

      Delete
    3. iya kang, demam akik sudah rada menyikir dari kehidupan kita, mungkin gara gara lagunya itu lho, siapa yang bawak saya lupa :)

      Delete
    4. kita tunggu saja tahun depan, manatau akan datang lagi masanya..

      Delete
  2. kalau kemarin didaerah saya malah ada momen duka cita mas,dimana temen kami suporter aremania meninggal 2 orang gegara busnya dilemparin batu sama bonek

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya turut bersuka cita mas atas kejadian itu....

      Delete
    2. Saya sudah mendengar info nya di televisi mas, saya juga turut berduka cita,
      karena yang saya tahu, suporter Semen Padang cukup akrab dengan Aremania.

      Delete
    3. Semoga bisa diterima dengan layak disisiNya.

      Delete
  3. yang paling mengesan kan deman batu akik mas....di kapung saya kemaren pas lagi gempar gemparnya batu akik malah banyak yang berkelahi ya...gara gara batu akik ini...tapi sekarang sudah hilang raib entah kemana,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, bayangkan saja, satu perusahaan 60% karyawannya malah banting stir jadi pebisnis batu akik..

      Delete
  4. Pergerakan trend makin lama akan makin melambat, tapi tidak hilang. Mungkin akan teralihkan oleh trend yang lebih baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu saja musim selanjutnya, mungkin akan ada yang baru lagi..

      Delete
  5. yang paling marak dan paling menggemparkan yang nomer pertama pastinya, saya doang yang gak tergiur sama sekali sama batu akik kenapa coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pun tidak begitu tertarik gan... dengan batu akik. di daerah saya sangat gempar di setiap rumah mungkin ada yang memakai batu akik. Mungkin dirumah saja yang tidak gempar batu akik.

      Delete
    2. Kebanyakan orang tertarik hanya karena ada embel-embel pengaruh gaib nya.
      saya akui saya juga tidak tertarik.

      Delete
    3. begitu juga dengan saya, dulu waktu awalnya akik digegerkan bukan hanya di indonesia saja, kalo ga indonesia apa lagi coba ?

      Delete
  6. Saya sangat berharap jaringan 4g bisa direalisasikan diseluruh wilayah indonesia biar makin kencang internetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. BETUL SEKALI pendapat mas Dwi, Dengan begitu masyarakat tidak akan bermasalah dengan yang namanya LOLA (laoding lambat).

      Delete
    2. Itu dia tepatnya, saya juga ingin 4G LTE sampai ke pelosok tanah air..

      Delete
  7. wah entah kebetulan atau tidak... sebelum saya membaca artikel ini saya pun memikirkan ke 3 moment tersebut.
    apakah kita satu pikiran. AYO BW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, memang itulah yang semestinya ditulis, karena 3 momen diatas memang yang paling menonjol.

      Delete
  8. Sekarang batu akinya pada keman ya...

    ReplyDelete
  9. Bikin Kaleidoskop bisnis Indonesia 2015 yang lebih lengkap dong, Mas, biar kita bisa tahu perkembangan bisnis Indonesia secara umum. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo moment yang paling menggegerkan sepanjang tahun 2015 menurut saya ya 3 itu yang teratas mas, terutama dalam dunia bisnis.

      Delete
  10. Kembali ke zaman batu akik. banyak yang tergila-gila dengan keindahan batu akik, saya juga pernah rela beli batu akik daripada beli sesuatu, setelah itu tersadar, kalau hal ini hanya sesaat aja kepuasannya... sekarang udah ngga pakai cincin batu lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, itulah yang disebut dengan fenomena Irrational Exuberance yang membuat kita ingin selalu mengikut2 yang dibuat orang banyak. dan setelah itu habis masanya, maka kebanyakan kita juga tidak akan menggunakannya lagi.

      Delete
  11. Fenomena Online Shoip gak masuk?
    Itu juga lumayan rame tuh di tahun 2015

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, HARBOLNAS kemaren juga rame, namun menurut saya belum mengalahkan 3 hal diatas..

      Delete
  12. moment bisnis paling populer di 2015 itu poin utama kali toh mas, soalnya diberitakan di koran di TV dan di majalh majalah akik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kita semua mengetahui dan menyadarinya ya mas..

      Delete
  13. Replies
    1. emang payung nya kenapa mas Zach ?

      Delete
    2. basah gan kan musim hujan... bukan musim batu akik lagi... wkwk

      Delete
  14. Yang paling membanggakan itu yang 3 mas... secara penemu teknologinya orang satu bangsa dengan kita

    ReplyDelete
  15. bisnis Papa minta Saham gak ada yah ??? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah belum segereget yang 3 diatas mas.. hehe

      Delete

►Silahkan perluas artikel diatas ke teman-teman anda,
►Disini anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, keluhan maupun pujian terhadap artikel diatas,
►Diperbolehkan meng-copy artikel ini sampai batas kewajaran, dengan Ketentuan mencantumkan sumber referensi dari blog Hakikat Bisnis.

Terima kasih
Ttd; Admin Blog

☺ Silahkan Berkomentar ☺