4 kunci meraih ketenangan dan keberkatan dalam berbisnis

4 kunci meraih ketenangan dan keberkatan dalam berbisnis

4 kunci meraih ketenangan dan keberkatan dalam berbisnis - Seorang wirausahawan hendaklah memiliki akhlak dan kelakuan yang baik jika ingin berjaya dalam dunia bisnis. Faktor ini sangat penting karena akan menarik minat masyarakat untuk berurusan dengan usaha anda.

Dengan adanya akhlak mulia yang tertanam dalam jiwa, yakinlah bahwa bisnis anda akan berjalan seperti yang diinginkan. Tetap jaga tutur kata dan kesopanan saat berhadapan dengan para konsumen ketika memasarkan produk anda. Saya yakin anda akan meraih ketenangan dan kenikmatan dalam berbisnis.

4 kunci meraih ketenangan dan keberkatan dalam berbisnis

1. Jangan memaksa pembeli

Sikap lapang dada terhadap pelanggan merupakan salah satu hakikat yang patut diacungi jempol dalam dunia bisnis. Kita harus menyadari bahwa pelanggan ataupun pembeli punya hak untuk memilih barang atau jasa yang kita suguhkan.

Walau para pembeli memiliki hak untuk memilah dan memilih, bukan berarti kita sebagai pemilik usaha berhak pula untuk memaksa mereka untuk membeli produk atau jasa kita. Pilihan ada di tangan pembeli, bukan paksaan yang yang akan menjadi penentunya.

Jika seandainya pembelian bukan jadi pilihan terakhir si pembeli, maka disitulah saatnya anda harus berlapang dada dan menerimanya dengan ikhlas, tidak usah berkecil hati. Setiap pelanggan sangat menginginkan kenyamanan membeli dan layanan yang baik sebagai prioritas utama.

2. Jujur dan jujur

Kejujuran merupakan kebenaran dalam dunia bisnis yang paling tinggi harganya. Tidak perlu berlaku curang dalam meraih profit yang besar, tetap utamakan sebuah kejujuran dalam bisnis anda.

Satu hal yang perlu kita ingat bersama, segala sesuatu akan ada balasannya, baik hal yang buruk maupun terpuji di mata Yang Maha Kuasa. Tetaplah berpegang teguh pada pemikiran yang positif dengan cara berlaku jujur dan yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik bagi umatnya yang jujur dan sabar.

3. Jangan lupa bersedekah

Sedekah adalah sesuatu yang ditinggikan derajatnya dalam Islam. Pada  hakikatnya, tidak diukur sekecil atau sebesar apapun sedekah tersebut, asalkan dibarengi dengan niat yang ikhlas dan tulus. Jangan pernah lupa untuk bersedekah dalam menjalankan bisnis anda. Ingatlah bahwa masih banyak diluar sana yang tidak seberuntung kita di dunia ini.

" Jika seseorang itu meninggal dunia, maka terputuslah semua amal kecuali tiga perkara, Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat dan Do`a anak yang Sholeh. " [Hadits Riwayat Muslim].

4. Senantiasa dalam berbaik sangka

Dalam dunia bisnis, tidak akan terlepas dari dua perkara, yakni untung dan rugi. Setiap keputusan yang didapat dari dua poin itu, tetaplah senantiasa untuk berbaik sangka. Tidak perlu menyalahkan orang lain jika kegagalan yang anda raih.

Jangan pernah menganggap Allah tidak adil dalam memberi kenikmatan yang diraih para pesaing bisnis anda. Lebih baik koreksi diri sendiri, cari dimana titik kesalahan dan kekhilafan yang menyebabkan bisnis anda jatuh dan yang lain tetap melesat jauh.

Itulah 4 kunci dalam meraih ketenangan dan keberkatan dalam berbisnis yang harus ditanamkan dalam hati setiap Entrepreneur. Tidak akan ada ruginya juga jika 4 poin diatas kita laksanakan dalam rangka menunjang keproduktivitas bisnis yang kita geluti.

Jangan memaksa pembeli, bersikap jujur, tetap bersedekah dan senantiasa memelihara Positive Mindset dalam diri, In Sha Allah akan berbuah manis untuk kelancaran, ketenangan dan keberkatan bisnis anda. Selamat menjalankan dan Go Action.

Bagikan :  

35 comments:

  1. Masuk ke blog ini, rasanya kayak masuk ke rumah teman, soalnya saya orang yang sedang belajar berwirausaha hehe. Poin-poin diatas sering terselip pada setiap wejangan dari bebrapa orang yang diberikan pada saya. Dan tentang poin 'Berbaik Sangka', jujur saya baru benar-benar mengerti akhir-akhir ini, bahwa betapa pentingnya berfikir positif dalam menjalankan sebuah usaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbaik sangka memang sangat penting mas, bahkan tidak dalam dunia bisnis saja, di dalam kehidupan sehari-hari juga harus diterapkan.. :)

      Delete
    2. @rudy arra: tumben bijak...ngopi dulu mas!!! biar santai kayak dipantai. heheheeee

      Delete
  2. bersedekah tuh mas yg sering dilupakan orang. padahal itu salah satu faktor keberkatan didalam berbisnis ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan, sama dengan saya pendapatnya ustad yanto...semoga kita semua mendapat berkah dalam semua usaha ya kang? amin yaa robbal alamin

      Delete
    2. Amiiiin, semoga kita semua senantoiasa untuk bersedekah..

      Delete
  3. akan coba saya perhatikan ke-4 kunci sukses itu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana bisa jalan ya kalau cuma di perhatikan. biar diplototin juga gak bakalan bawa manfaat apa-apa yan...dilaksanakan atuhhhh....

      Delete
  4. kunci suksesnya ada 4 komenku juga 4
    pas dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah cukup lebih baik gak usah ditambahkan lagi...nanti malah luber kan mubajir. nanti dibilang TERLAAALLUUU...

      Delete
  5. saya setuju banget mas dengan poinnya. pokonya mas wikimah topbgt lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mang adul masih ganteng mang?
      kalau udah silahkan lanjut ke level berikutnya

      Delete
    2. sekarang kan masih beginner, besok dah top player yaa..

      Delete
  6. Diantara 4 poin itu, yang terberat menurut saya adalah yang ke-4. Sulit untuk melakukannya ... namun bukan berarti tidak bisa ... Bagus sekali tipsnya mas .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kita mau membiasakan berbaik sangka, pasti hasilnya akan lebih baik dan berjalan maksimal mas...karena dari sana tidak ada lagi ketakutan dan semua berjalan sesuai dengan restu alami yang menyertai setiap langkah dan diridhai Allah dalam semua niatan usaha mas....udah kayak ustad gak saya komennya? heee

      Delete
    2. wah mbah dinan, udah cocok kutbah jumaT nih di masjid istiqlal :D

      Delete
  7. Kalau untuk memaksa pembeli sih saya tidak pernahmelakukan itu, cuma kalau promosi kesringannya seperti memaksa konsumen agar lebih penasaran akan produk yang kita jual :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu sih nggak apa-apa mas, berarti kita menjunjung tinggi hak para konsumen.

      Delete
  8. 4 kunci kesuksesan dalam meraih keberkatan dalam berbisnis, semua itu sangat berkaitan antara poin 1 dan 2 dan sampai poin ke 4 betul kan mas admin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, semua sepertinya saling berstruktur ..

      Delete
  9. setuju sekali gan....memang ada baiknya kalau kita mencari berkah dalam usaha. karena buat apa usaha kalau tidak berkah dan takutnya malah jadi laknat, kan bisa kacau kehidupan gan. saya juga sangat setuju sekali dengan selalu jujur dalam usaha, karena dengan begitu pelanggan akan percaya. selanjutnya bersedekah,, dan jangan takut dengan berapa dengan apa yang kamu keluarkan dalam sedekah, karena Allah akan menjamin orang yang bersederkah dengan keberkahan dunia akhirat, dan yakin aja harta tidak akan habis, malah bertambah terus.

    kalau boleh menambahkan, jganan lupa bersyukur, karena dengan itu pasti akan ditambah nikmat dan jumlahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget nih sama mbah dinan, makasih tambahan masukannya mas, sebenarnya bersyukur sudah saya gabungkan dengan bersedekah..

      Delete
  10. Saya setuju deh tips diatas.. Itu juga yang saya lakukan selama ini mas. Mungkin saya bisa nambahi lagi jgn lupa testimoninya supaya pembeli stiap datang langsung pcy karena ada bukti2 pembeli terdahulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, betul juga, makasih tambahannya..

      Delete
  11. Ternyata sangat mudah untuk dapat menjadi sukses dalam berbisnis.Memang keempat point diatas haruslah ada dalam diri kita tetutama dalam hal kejujuran.

    ReplyDelete

►Silahkan perluas artikel diatas ke teman-teman anda,
►Disini anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, keluhan maupun pujian terhadap artikel diatas,
►Diperbolehkan meng-copy artikel ini sampai batas kewajaran, dengan Ketentuan mencantumkan sumber referensi dari blog Hakikat Bisnis.

Terima kasih
Ttd; Admin Blog

☺ Silahkan Berkomentar ☺