7 Pelajaran mendasar yang berharga dalam memulai bisnis (Bagian 2)

7 Pelajaran mendasar yang berharga dalam memulai bisnis (Bagian 2) - Kali ini saya masih akan membahas mengenai pelajaran-pelajaran mendasar dalam memulai bisnis. Dimana pada artikel ini, adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang bisa anda baca terlebih dahulu Disini.

7 Pelajaran mendasar yang berharga dalam memulai bisnis (Bagian 2)

Sebenarnya tadi malam saya sempat ingin membuat artikel tentang pelajaran mendasar dalam memulai bisnis ini hanya dalam satu artikel, tapi nggak jadi karena saya rasa artikelnya akan terlihat begitu panjang, takutnya malah nggak ada yang baca isinya, cuman poin-poinnya aja. Makanya saya memutuskan untuk membaginya menjadi 2 artikel dengan judul yang sama dan isi yang berbeda, tapi masih tetap berhubungan erat antara keduanya.

Oke, langsaung saja! 8 Pelajaran mendasar yang berharga dalam memulai bisnis (Bagian 2)


9. Siap untuk berkorban

Sebelum memulai sebuah bisnis, kewirausahaan memang membutuhkan komitmen sebagai nahkoda-nya. Maka dari itu, pengorbanan merupakan hal yang tidak bisa dielakkan jika ingin menggeluti dunia bisnis. Namun anda tidak akan tahu apa saja yang akan dikorbankan dalam bisnis tersebut sebelum anda sendiri yang langsung merasakannya.

10. Pandai-pandailah berkomunikasi

Komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Anda harus belajar bagaimana cara mengkomunikasikan pikiran dan tutur bahasa dengan baik, benar, jelas dan terperinci, sehingga bisnis yang anda jalankan bisa melaju lebih lancar lagi.

11. Carilah penasihat atau mentor

Bertemu dengan orang yang telah sukses berbisnis akan membuat kita sedikit iri, itu kemungkinan besar. Namun jangan pernah beranggapan seperti itu. Jangan pernah segan untuk menjalin relasi dengan mereka, karena mereka dapat memberikan bimbingan dan saran yang mungkin sangat berharga bagi perkembangan bisnis anda. Curahan motivasi dari mereka akan membakar semangat anda untuk terus konsisten berbisnis.

12. Menyeimbangkan bisnis dengan kehidupan

Menjalani roda bisnis memang akan membuat anda tegang dan bisa saja monoton. Namun tidak selamanya hal ini dibiarkan. Anda perlu keseimbangan dalam hidup. Cobalah meluangkan waktu untuk beristirahat seperti liburan, rekreasi atau sekedar lari pagi dan sore.

13. Keep Positive Mindset

Saya tidak akan pernah bosan mengajak semua orang untuk tetap menjaga pola pikir yang positif. Pemikiran yang tidak negatif akan mendatangkan banyak manfaat bagi anda dan bisnis anda. Anda bisa membaca cara mengembangkan dan menjaga pola pikir positif dalam berbisnis Disini.

14. Jangan gaptek!

Jika zaman sekarang anda masih meraba-raba dalam mengoperasikan teknologi, sebut saja internet, apa kata dunia ?
Teknologi semakin hari semakin maju, apapun bisa anda lakukan dengan teknologi. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk menguasai teknologi, agar bisnis anda bisa berjalan lebih efisien lagi.

15. Jadilah pribadi yang ceria

Jangan mudah bersedih dalam berwirausaha. Menjalani bisnis tidak ubahnya seperti roller coaster, kadang anda diatas dan terkadang berada di bawah. Nikmati setiap proses dan momen yang terjadi, saya yakin anad akan menjalani hidup yang lebih menyenangkan.

Itulah artikel mengenai  7 Pelajaran mendasar yang berharga dalam memulai bisnis (Bagian 2), semoga bisa bermanfaat guna menambah ilmu dan wawasan kita seputar dunia bisnis dan wirausaha.
Bagikan :  

38 comments:

  1. maksih gan infonya sangat bermanfaat nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus mau diapain kalo sudah bermanfaat

      Delete
    2. koq masih ada loya yg komen pasaran kayak gitu
      hadeuh

      Delete
    3. Kamu diamana...sama siapa...semalam berbuat apa...?

      Tuh udah saya tanya, Mbak.

      Delete
    4. bukannya mas Rudy meluk bantal guling tadi malam ?

      Delete
  2. Bener banget tu, sangan menginspirasi untak lebih semangat. nice info Gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. untak itu hewan padang pasir kan?

      Delete
    2. sejenis makhluk yang hidup di zaman atlantis kali mas..

      Delete
  3. memulai bisnis tentunya harus memiliki pengalaman pengalaman yang luas, nag bagi kita yang mau memulai bisnis, maka dengan 7 poin dasar ini sudah sangat bagus untuk diterapkan :)

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. coba ada widget top komentatornya.
      pasti yanto cungkup nangkring diurutan paling atas

      Delete
    2. Eits, dilarang modus disini!

      Sini, mbak, sama aku ajah.

      Delete
    3. cieee, yang udah mulai ngeluarin jurus tandur

      Delete
  5. eh ternyata selain 8 dasar memulai bisnis yg di share kemarin masih ada kelanjutannya sebanyak 7 ya mas.
    jadinya 15 dasar ini kudu dipelajari setiap pebisnis nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sagat mas memang kudu di pelajarin, gak mesti pembisnis saja kalin ya mas, mas pn harus mempelajari nya?

      Delete
    2. iya mas, h\mungkin post selanjutnya jadi 6

      Delete
  6. berkomonikasieh nie lah kadang2 saya agak gugup

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat sekali artikel tentang pelajaran mendasar yang berharga dalam memulai bisnis bagian dua dan terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bah sangat bermanfaat bagi yang memulai bisnis

      Delete
    2. semoga bisa bermanfaat buat kita semua..

      Delete
  8. Bener banget tuh meskipun banyak kesibukan harusnya di imbangi dengan liburan, yang saya rasakan juga sesudah liburan biasanya lebih banyak inspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, sustu kegiatan yang monoton, memungkinkan untuk berdampak buruk

      Delete
  9. Kalau mau terjun ke dunia bisnis pribadi yang ceria sangat dibutuhkan karena prosesnya panjang kadang penuh tantangan

    ReplyDelete
  10. Eh poin ke-9 itu berkesan banget buat saya. Saat memutuskan untuk membuka usaha sendiri, saya benar-benar meninggalkan zona nyaman, posisi saya di kantor yang dulu sudah cukup baik. Ketika memulai usaha saya benar-benar dari bawah, pokoknya sedih kalo diceritain mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, saya suka bingung manggil admin harus pake panggilan apa. Mas, Abang, Om, Bro, Mbak, Sist, Tante atau Beb, ya?

      Delete
    2. panggil Wiki aja mas, saya kan masih anak kuliah semester 3, alias masih abegeh dan playboy gituh.. wkwkwk

      Delete
  11. No. 10 bagus tuh. Penting di dunia freelancer. Komunikasi itu sangat perlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, komunikasi yang efektif dalam bidang apa saja sangat dibutuhkan.

      Delete

►Silahkan perluas artikel diatas ke teman-teman anda,
►Disini anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, keluhan maupun pujian terhadap artikel diatas,
►Diperbolehkan meng-copy artikel ini sampai batas kewajaran, dengan Ketentuan mencantumkan sumber referensi dari blog Hakikat Bisnis.

Terima kasih
Ttd; Admin Blog

☺ Silahkan Berkomentar ☺