8 Pelajaran mendasar yang berharga dalam memulai bisnis

8 Pelajaran mendasar yang berharga dalam memulai bisnis - Memulai bisnis bisa dibilang susah-susah gampang, artinya bersifat relatif, tergantung setiap orang yang menilainya. Memulai bisnis tentu membutuhkan pengorbanan yang besar, baik dari segi waktu, pendanaan, bahkan tidak jarang juga yang mengorbankan reputasi yang telah melekat padanya.

8 Pelajaran mendasar yang berharga dalam memulai bisnis

Tapi jangan salah. Pengorbanan tersebut akan memudar, digantikan dengan kepuasan lahir-batin seiring kesuksesan bisnis yang diraih. Tentu saja tumbuh pertanyaan dalam benak kita, Apa saja sebenarnya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ? Apa cukup modal dengkul ?, Mari kita simak ulasan dibawah ini dan semoga bisa membantu.

Oke, langsung saja! 8 Pelajaran mendasar yang berharga dalam memulai bisnis


1. Kalau bisa bermimpi besar, buat apa bermimpi yang kecil dan tanggung-tanggung ?

Harus bisa dan berani bermimpi besar, tentu saja. Sebuah kesuksesan yang telah diraih seseorang pastilah memiliki mimpi besar sebagai judul petualangannya di masa lampau. Kepercayaan diri dan yakin akan Planning yang kita cetuskan akan sangat membantu mimpi kita lekas terwujud. Visualisasikan bahwa bisnis anda tersebut tidak hanya akan menghidupi anda saja, tapi juga merubah dunia.

2. Impian = Tindakan

Poin kedua ialah keseimbangan antara impian dan tindakan. Setelah memiliki dan mematenkan mimpi besar tersebut, ambillah inisiatif untuk memastikan bahwa anda bekerja setiap hari demi menggapai impian itu. Satu hal yang musti diingat, sebuah impian yang besar tidak akan terwujud jika tidak dibarengi dengan usaha serta do`a.

" Kalau hidup hanya sekedar hidup, Babi di hujan juga hidup. 
  Kalau bekerja hanya sekedar bekerja, Kera juga bekerja " [Alm. Buya Hamka]

3. Percaya dengan bisnis yang anda jalankan

Fokus pada tujuan merupakan suatu keharusan bagi setiap Entrepreneur. Yakinlah bahwa bisnis yang anda jalankan begitu dibutuhkan orang banyak saat melakukan pemasaran, yakinlah bahwa konsumen akan menaruh tesatimoni akan produk anda. Jika anda sendiri tidak percaya pada bisnis yang anda tekuni, bagaimana mungkin anda berharap orang lain akan percaya ?

4. Salah itu wajar, Don`t be Afraid!

Tidak ada seorangpun yang ingin mengalami kesalahan, karena umumnya kesalahan akan mendatangkan peluang kegagalan. Namun tidak bisa dielakkan lagi jika kegagalan merupakan salah satu jalan terjal penuh kabut sebelum menjumpai jalan lurus dengan udara segar pada perjalanan bisnis anda. Dan akhirnya, belajarlah dari kesalahan serta jangan menyalahkan orang lain.

5. Banyak jalan menuju Roma

Ada banyak jalan menuju kesuksesan, dan jalan tersebut kerap tidak sama antara satu orang dengan yang lain. Itulah sebabnya kekreativitasan begitu berperan besar dalam karir bisnis anda, tidak perlu mengikut-ikuti gaya dan cara sang saingan. Karena apa yang cocok bagi mereka yang mendatangkan kesuksesan besar, belum tentu cocok untuk anda, apalagi sebagai pedoman kesuksesan untuk anda.

6. Kenali pesaing bisnis

Mengenali pesaing dari segi produk maupun penawaran harga adalah cara yang baik asal dilakukan dengan  positif. Melalui informasi tersebut, anda akan bisa meningkatkan daya saing mulai dari segi pemasaran, harga, spesifikasi, penguasaan pangsa pasar hingga konsumen.

7. Hormati pelanggan

Bisnis anda akan terus berjalan jika adanya pelanggan. Artinya, sebuah bisnis akan terdampar kumuh di pinggir got jika tidak mempunyai penikmat produknya seorangpun. Oleh karena itu, adalah hal yang wajib untuk menghormati dan menghargai pelanggan. Anda akan dapat melakukannya setelah anda bisa memahami apa yang diinginkan pelanggan. Dengarkan dan pahami apa yang mereka harapkan dari anda.

8. Pahami bisnis anda

Pepatah Minangkabau mengatakan; "Alam takambang jadi guru". Kuasa Allah SWT yang menghadirkan jutaan decak kagum ini tersimpan ilmu yang tiada habisnya. Begitu juga dalam dunia bisnis. Pengetahuan dan pendalaman dalam ilmu bisnis, terutama bisnis yang anda geluti merupakan salah satu kewajiban anda sebagai sang Owner. Pastikan bahwa anda begitu tahu akan Lubang dan Tikungan dalam bisnis yang anda jalankan.

Kesuksesan bisa diraih oelah siapa saja, karena adanya kesempatan yang terbuka lebar tanpa ada yang melarang untuk mengambil kesempatan itu.

Saya mengakui bahwa membahas hal seputar bisnis merupakan perkara yang amat tabu. Menghitung bahwa setiap orang sebenarnya sudah ditanamkan sejak dini mengenai dunia bisnis, contohnya saat anda disuruh untuk sekolah setinggi mungkin. Apa tujuannya ? Selain untuk meraih ilmu yang banyak, juga mengisyaratkan agar meraih masa depan yang cerah di masa depan kelak.
Bagikan :  

39 comments:

  1. Nice post gan. . .
    Di tunggu kunbalnya ya. . .
    http://ilmujarkomtkj.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...hehehe
      Masih aja ada yg titip link

      Delete
    2. nggak apa-apa mas, setidaknya dia bekerja keras untuk mendapatkan pengunjung dengan cara apa saja.. hehehe

      Delete
    3. saya ga titip euy :) saya mau titip kopi aja ne siang siang :)

      Delete
  2. gambarnya saja sudah mewakili isinya, ready goooo ya gan?

    Semangat itu jalanya

    ReplyDelete
  3. Setelah membaca artikel di atas...jadi termotivasi buat memulai bisnis nich mas...ada saran gak mas...? bisnis apa yang ok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya, remaja ini jalani terlebih dahulu bisnis UKM yang dikuasai dan diyakini bisa mendatangkan income yang signifikan serta terstruktur monoton keatas..

      Mas Wahab juga bisa membaca info lengkapnya yang saya bahas sebelumnya, disini >> http://hakikatbisnis.blogspot.co.id/2015/12/inilah-3-elemen-penting-dalam-bisnis-ukm-usaha-kecil-menengah.html

      Delete
    2. saya lagi cek rekening ini ada masok ga :)

      Delete
  4. Minat berwirasusaha rakyat Indonesia masih rendah, terutama kaum mudanya. Saat ini kita hanya memiliki sekita 1,65% penusaha, sedangkan sebuah negara idealnya harus memiliki minimak 2% wirausahawan dari total penduduknya. Kita kalah jauh sama Singapura & Malaysia. Tapi sekarang saya senang karena pendidikan kewirausahaan sudah semakin digalakkan mulai dari bangku setingkat SMA. Moga saja kedepannya generasi muda kita bukan hanya generasi pencari kerja, tapi banyak yang jadi generasi pencetak lapangan kerja. BTW, saya adalah orang yang sedang menikmati masa jatuh bangun sebagai seorang start-up. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, saya juga pernah membaca fakta ini di Republika.co.id .

      Saya juga berharap sama dengan mas Rudy. Penerapan pendidikan seputar entrepreneur memang harus selalu ditingkatkan lagi, supaya masa depan negara ini tidak berlarut-larut dikuasai bangsa asing. Dengan adanya metode ini, para calon wirausahawan muda Indonesia akan semakin bertambah setiap periode nya.

      Tentu saya hal ini akan membuka banyak lapangan kerja yang memadai dan bersaing.

      Delete
    2. Mindset generasi muda harus diubah, doktrin positif tentang kewirausahaan harus terus dituangkan pada generasi muda agar mereka mengerti bahwa kaum wirausahawan adalah kaum yang mandiri, bukan kaum "kelas dua".

      Delete
    3. Kembali kepada personal lagi. Dewasa ini, butuh penanganan serius demi membuka pemikiran remaja seputar dunia bisnis, apalagi zaman yang semakin canggih memancing kita untuk selalu jadi lebih konsumtif, kelangkaan berpikir jangka panjang pun perlahan terlupakan.

      Delete
  5. Kedelapan poin itu memang penting sekali saat memulai bisnis ya mas untuk bisa fighting mewujudkan kesuksesan bisnis... mantaaappp keyakinan mewujudkan mimpi.. Fighting! :)

    ReplyDelete
  6. Impian bisa menjadi faktor kesuksesan seseorang dalam berbisnis sebab akan berusaha sekuat tenaga meraih impiannya tersebut

    ReplyDelete
  7. jujur lomas saya jarang banget perhatikan pelajaran mendasar ini, tapi kalo untuk cita2 kedepannya udah dipersiapkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi gini awalnya aku bilang sama elsa will you marry me?? dia kan bilang yes tuh ya, rencana saya mau bikin 2 anak satu cewe dan satu cowo. bahagia deh ya..
      adminnya mana ya? yang jomblo ngumpet ya

      Delete
  8. 8 hal mendasar ini memang kudu difahami oleh semua pebisnis agar bisnis yg dikelolanya bisa sukses ya mas

    ReplyDelete
  9. mas wiki kayaknya punya bakat menjadi motivator nih.hayu mas kejar mario teguh

    ReplyDelete
  10. yang paling utama percaya dan pahami dulu bisnis yang dikelola

    ReplyDelete
  11. 8 hal yang patut di pelajari dalam berbisnis, semoga bisa menjadi hal utama kita dalam berbisnis :)

    ReplyDelete

►Silahkan perluas artikel diatas ke teman-teman anda,
►Disini anda juga bisa menyampaikan kritik, saran, keluhan maupun pujian terhadap artikel diatas,
►Diperbolehkan meng-copy artikel ini sampai batas kewajaran, dengan Ketentuan mencantumkan sumber referensi dari blog Hakikat Bisnis.

Terima kasih
Ttd; Admin Blog

☺ Silahkan Berkomentar ☺